Minggu, 20 Januari 2013

MASA MASA SMK


aku dan sekolahku

Waaaah, sudah akhir tahun. Tidak terasa ya waktu berlalu begitu cepat. Serasa baru kemarin aku merasakan pertambahan usiaku pada 25 february. Eh sekarang sudah bulan january, beberapa hari ke depan aku ulang tahun lagi deh. He he he he,
Banyak hal sebenarnya yang telah terlewati dalam hampir 3 tahun ini. boleh kubeberkan sedikit. Aku berharap lulus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun ini, mendaftar kuliah tahun ini (Meski belum keterima akhirnya), tinggal di kota minyak yaitu Kota Dumai, RIAU juga tahun ini dan aku mulai menemukan bayang-bayang mimpiku juga di tahun ini. Berkesan!
Hal-hal yang membuatku terkesan dalam tahun 2013 ini sebetulnya ada yang membuatku lebih berkesan. Hal itu adalah pelulusan SMK. Ya, pelulusan itu meninggalkan ikrar yang terpatri kuat dalam hatiku. Aku akan meninggalkan masa SMK-ku, masa-masa yang paling indah dan tak akan mungkin bisa dilupakan sampai kapan pun. Masa dimana aku merasa diriku tumbuh semakin besar, dapat berfikir akan kehidupan ke depan, berani mengambil resiko akan mimpi-mimpi yang harus kucapai dan bisa memiliki sikap pantang menyerah. Tumbuh menjadi pria tangguh menghadapi zaman.
Memang sedih jika rasanya ketika menyadari jika suatu nanti diriku sudah tidak lagi mengenakan seragam putih abu-abu. Tidak lagi berangkat ke sekolah. Tidak lagi bersua dan bersenda gurau dengan teman-teman sekelas, guru-guruku yang humoris atau sekedar duduk-duduk di labor TKJ dekat persawahan itu. Ingin rasanya mengulang masa-masa itu, tapi siapa yang mampu mengembalikan waktu? Hanya kenangan yang tersisa. Dimana kah kalian sekarang teman-teman? Aku rindu. Sungguh rindu sekali. rindu melatih kalian futsal sampai juara.. semuanya
Kami akan berpisah sekitar pertengahan tahun ini. kabarnya, akan ada yang kerja di Jakarta, di Batam,  serta ada seorang teman sekelasku yang melanjutkan sekolahnya di Universitas di kota kami, KOta Dumai. Sedang aku sendiri tinggal di daerah pelosok, mencoba meraih kesempatan-kesmpatan untuk aku bisa terus berkembang. Ingin kuliah, terus belajar, menuntut ilmu di luaran, baru setelahnya balik ke kampung dan membuat perubahan. Itu lah aku sekarang, tak akan pulang sebelum menjadi orang yang sukses.
Teringat, lebih dari dua tahun yang lalu. Di saat aku dengan beberapa teman-temanku mendaftar di sebuah SMK sebagai angkatan keempat. Mengikuti seleksi yang tidak begitu rumit dan aku bersama mereka diterima menjadi siswa-siswi dengan perasaan gembira. Mengenal teman-teman baru, guru-guru baru dan permasalahan-permasalahan yang sering terjadi dan terasa semakin rumit. Rupanya aku tengah tumbuh dewasa, belajar untuk memahami setiap masalah yang kuhadapi agar aku bisa menyikapinya dengan tenang. Sebuah masa-masa transisi dari baik menjadi lebih baik. Di kelas, aku dan mereka berbaur untuk belajar bersama, berbagi pengetahuan atau saling menyontek. Di lapangan, aku dan mereka berlatih fisik, menikmati terik panas matahari kadang dengan suasan tegang kadang pula santai. Di kantin, aku dan mereka mengobrol sepuas hati, bercanda, tersenyum sinis atau manis dan tertawa kecil atau keras semua ituu ada disana. Indah!
Tidak kah kalian ingin kembali bertahan ke masa-masa itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read more: Stratus: Pemutar Lagu di Blogspot | Blogdangkal™ http://www.adetruna.com/2012/01/stratus-pemutar-lagu-di-blogspot.html#ixzz1zFikwKNI bd Under Creative Commons License: Attribution Share Alike Read more: Stratus: Pemutar Lagu di Blogspot | Blogdangkal™ http://www.adetruna.com/2012/01/stratus-pemutar-lagu-di-blogspot.html#ixzz1zFiHv6XX bd Under Creative Commons License: Attribution Share Alike